Lupa Minum Obat TBC Sehari

Lupa Minum Obat TBC Sehari - Apabila seseorang telah didiagnosis menderita TBC maka pasien tersebut harus menjalani terapi minum obat selama 6 bulan (kecuali pada kasus-kasus tertentu, seperti terapi kuman TBC yang kebal/resisten, dsb) yang dapat diperoleh secara gratis di puskesmas atau di instasi kesehatan milik pemerintah. Karena pasien harus meminum obat selama 6 bulan, dibutuhkan niat yang kuat dan kerjasama yang baik antara dokter, pasien, dan pengawas minum obat. Apabila pasien menghentikan pengobatan sebelum waktunya atau sering lupa minum obat maka dapat terjadi risiko kuman tuberkulosis belum mati semua dan harus mengulangi pengobatan dari awal. Selain itu terdapat risiko kumannya menjadi kebal terhadap obat yang diberikan, sehingga diperlukan terapi dengan obat lain (obat TBC lini kedua) yang jauh lebih mahal harganya dan efektifitasnya tidak sebaik obat TBC lini pertama.

Bagaimana Bila Lupa Minum Obat TBC Satu Hari?

Obat TBC memang harus diminum teratur setiap hari selama 6-9 bulan agar dapat membunuh seluruh kuman, mencegah terjadinya resistensi kuman terhadap anti TBC tersebut. Apabila Anda lupa HANYA SATU HARI atau satu dosis maka Anda dapat tetap melanjutkannya, tetapi apabila Anda lupa lebih dari satu hari atau lebih maka Anda harus datang kembali ke tempat Anda berobat dan menanyakan apa yang harus Anda lakukan, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memutuskan apa yang harus dilakukan untuk Anda.
Baca juga : Jelly Gamat Obat TBC

Cara Menghindari Kebiasaan Lupa Minum Obat TBC 

  • Menggunakan pengingat
    Bisa dari keluarga yang care terhadap yang sakit bisa ibu/bapak/istri/suami/anak. Bisa juga memakai alarm handphone, tetapi alarm ini mengharuskan kita berada di dekat HP kita. Bagi yang usianya masih muda sih Insa Allah teringatlah waktu minum obat meski kadang ada saja yang terlupa. Nah bagi yang sudah sepuh ini yang perlu pengingat. Dan tentunya kita yang masih muda sebagai anggota keluarga harus lebih aktif peduli membantu si nenek/kakek/orang tua di saat minum obat, bagaimanapun kondisi mereka yang sepuh menjadikan mereka tidak tahu cara meminta tolong maka kita lah yang harus lebih peduli. 
  • Menggunakan pill box

    Apa sih pill box itu? Yakni semacam kotak kecil tempat obat-obatan terbagi kotaknya ada yang hanya bertuliskan hari-hari dalam seminggu atau yang lengkap dengan pembagian waktunya (pagi, siang, malam). Pill box ini terutama diperuntukkan bagi yang konsumsi obat dalam jumlah banyak dalam sekali minum dan obatnya rutin setiap hari diminum.

Sekian pembahasan tentang Ini Lupa Minum Obat TBC Sehari, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lupa Minum Obat TBC Sehari"

Posting Komentar